Warna-Warni Si Anggrek Bulan

kebun phalaenopsis
Gambar oleh Melvin 07

kebun phalaenopsis 2
Gambar oleh Melvin 07

Siapapun pasti terpikat melihat keindahan bunga Phalaenopsis alias si anggrek bulan yang tergantung pada tangkai-tangkai bunga yang keluar dari tanaman2 anggrek yang sehat, yang sedang melayang-layang bagaikan kupu2 mengikuti semilir angin yang kerap menggerakan bunga2 tersebut. Penampilannya memang wah dan phalaenopsis agaknya semakin populer saja di kalangan hobbiis anggrek dewasa ini. Namun ada anggapan bahwa genus anggrek ini cukup sulit dipelihara apalagi untuk membuatnya berbunga, tapi ternyata dengan beberapa tips dan triks yang praktis dan sederhana ternyata phalaenopsis dapat dibuat agar rajin berbunga dengan indahnya dan tentunya akan memuaskan mata-mata yang memandang.

Beberapa tips dan trik yang efektif adalah :

  1. Jika ingin memelihara dari kecil/botolan lebih baik membeli species/hibrida yang sudah mempunyai nama ataupun berasal dari silangan nursery yang sudah ahli dibidangnya. Bibit yang baik adalah langkah pertama yang penting sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.
  2. Jika membeli ukuran dewasa maka kenalilah dulu sifat Phalaenopsis anda sebelum membeli
  3. Banyak membaca artikel2 mengenai pemeliharaan Phalaenopsis dari buku2 anggrek atau media elektronik spt internet agar semakin mengasah kemampuan kita.
  4. Akar, yang sehat mutlak dibutuhkan untuk pembungaan, jadi perhatikan media yang digunakan agar akar phalaenopsis dapat tumbuh sempurna, sifat media dipilih yang dapat menyerap air tapi tidak menyimpan air, kombinasi media dapat dilakukan agar didapatkan sifat2 yang pas.
  5. Tanpa akar yang sehat, maka daun tidak akan tumbuh dengan baik, ciri2 tanaman yang sehat biasanya daun baru akan tumbuh makin besar/sama besar dengan daun sebelumnya. Jagalah daun agar tetap sehat krn pada organ ini yang berguna untuk memproduksi zat hara yang akan digunakan oleh tanaman.
  6. Jaga jangan sampai Phalaenopsis anda terkena hujan, daunnya yang besar dan bergelombang sering menyebabkan air hujan tertinggal dan dapat menyebabkan jamur penyakit untuk berkembang biak dan menyerang anggrek anda.
  7. Jaga jangan sampai terjadi dehidrasi pada anggrek anda, lakukan penyiraman secara teratur, namun tidak berlebih.
  8. Pemupukan dilakukan pada kedua bagian daun, atas dan bawah, pada waktu pagi hari sebelum cahaya matahari mengenai tanaman anda.
  9. Gunakan beberapa macam pupuk, selang-seling antara pupuk kimia dan pupuk organik, jika tanaman sudah dewasa boleh digunakan pupuk booster yang berkadar P tinggi.
  10. Yang paling penting erhatikan 4 unsur penting dalam pemeliharaan Phalaenopsis yang tidak dapat diabaikan, diantaranya :
  • Cahaya, Phalaenopsis termasuk anggrek yang tergolong tidak tahan oleh sinar matahari langsung, sinar matahari pagi-siang yang terhalang oleh bayangan dedaunan termasuk yang paling baik untuk menunjang pertumbuhan vegetatif dan memicu pembungaan. Umumnya Phalaenopsis dinaungi oleh paranet 65% jika area tanam terbuka dan paranet 55% jika area tanam dikelilingi oleh tembok/pohon2 besar.
  • Kelembaban : Phalaenopsis suka dengan kelembaban, idealnya antara 60%-75%, terlalu lembab akan menyebabkan jamur mudah berkembang biak, terlalu kering akan menyebabkan tanaman dehidrasi. Untuk menjaga kelembaban dapat diletakan tanaman paku2an dan gentong air yg berisi tanaman dibawah pot Phalaenopsis
  • Aerasi : Phalaenopsis termasuk anggrek epifit yang biasanya menempel pada pohon induk yang tinggi, dan menyukai aliran angin yang semilir, aerasi jg menjaga kadar kelembaban agar tidak terlalu jenuh.
  • Temperatur : biasanya kunci pemicu pembungaan phalaenopsis adalah jika terjadi perbedaan suhu tertinggi – terendah sekitar 10 derajat celcius, oleh karena itu temperatur ideal untuk si kupu2 ini adalah 18-28 drjt celcius. Jk diperhatikan maka masa-masa memasuki musim hujan akan menjadi waktu ideal bagi phal anda untuk memunculkan calon spikenya.

Dengan memperhatikan semua hal diatas maka diharapkan semua hobiis dapat membungakan phalaenopsisnya sekaligus menepis anggapan bahwa memelihara phalaenopsis itu sulit, selamat mencoba.

By. Melvin 07

122 thoughts on “Warna-Warni Si Anggrek Bulan”

  1. Sorry semua, krn kesibukan baru sempat buka lagi web ini..
    cb dijawab jg, meskipun sudah lama lewat, semoga bisa membantu ya
    @ rubi,
    Untuk ruang ber-ac, kendalanya ada pada kelembaban yg rendah, spt yg diketahui phalaenopsis merupakan anggrek yg butuh kelembaban tinggi, sedangkan ruang berac cenderung kering, rasanya sampai sekarnag sulit sekali untuk memelihara phalae di ruang ber-ac, sedikit hal yg bisa membantu misalnya dipakai media yg menyimpan kelembaban spt spaghnum moss, dan juga di letakan piting berisi air di bawah pot tsb(potnya di ganjal, jd tdk terendam air), tapi hal ini biasanya hanya membantu sedikit saja, tdk dpt menumbuhkan phalae scra baik. oh ya, hati2 dgn sinar matahari, phalae tdk tahan kena matahari terik, jd diatas jam 9 pagi sudah terlalu kuat, jgn terkena langsung. thx

    @bowo,
    munculnya calon spike baru biasanya dipicu bbrp hal, conthnya suhu/temperatur yg drop, atau curahhujan yg banyak, memang jg bisa dibantu dgn pupuk yg memiliki unsur P-K tinggi, tapi yg terpenting lingkungan tumbuhnya itu yg harus nyaman dahulu untuk si anggrek, untuk bulan dan vanda keduanya butuh kelembaban tinggi, untuk bunga perlu cahaya yg cukup(vanda butuh jauh lbh banyak drpd phalae), kalau 5 bulan sy rasa blum terlalu lama, jenis phalenya apa pak?

  2. @Enno,
    semoga anggreknya masih bertahan sampai sekarang ya,…untuk pengetahuan dasar rasanya enno harus membeli buku teknik memelihara anggrek, dan sering2 berdiskusi dgn pengganggrek jg dulu ya. cara mudahnya adalah mengunjungi sentra2 anggrek dan bertanya jawab disana.

    @rurit lagi,
    anggrek bulan adalah tanaman epifit, tentunya dia hidup menempel di alam aslinya, cara ini memang bagus sekali, hanya saja perlu diperhatikan inangnya, untuk anggrek bulan cenderung menyukai pohon berkayu kasar yg bersifat lembab, biasanya gampang dieknali dgn lumut2 yg tumbuh…jika di kulit kayu tsb tumbuh lumut, biasanya itu cukup bagus untuk anggrek bulan. Sebaliknya jika pohon yg kering spt angsana kurang bagus untuk dia.

    @ sari,
    silahkan saja digunakan pupuk grwomore tsb, baik 2 aja selama digunakan sesuai takarannya dan diberikan cara yg benar di pagi hari sblm matahari terik. untuk bunga sebaiknya jgn disiram lsng dgn air, nanti bisa merusak kelopaknya(sepal-petal) phalaenopsis.

    @arie cattleya,

    wah selamat kalau sudah bisa membungakan, berarti sdh bisa memelihara, satu komen saya, biasanya phalaenopsis dibungakan di daerah sejuk, yg memang bunganya akan lbh besar dan warna lbh keluar daripada berbunga di dataran rendah spt jakarta ini, ini sudah lumrah dan memang seperti itu pak. mengenai pohon kalau akarnya bagus2 dan segar, seharusnya daunnya tidak mengkerut, cb dilihat apakah daun mengkerut karena tua atau krn tungau.

  3. @ Sarry,
    anggrek seedling yah jgn di pupuk dgn pupuk bunga, krn akan mubazir, yg di butuhkan adalah unsur N untuk pertumbuhan bukan unsur P-K yg untuk pembungaan. kalau anggreknya macam2…pemupukan tetap sama waktunya, di pagi hari plg bgs, pestisida dan fungisida jg bisa diberikan berbarengan, tdk masalah.

    @yetti hs,
    caranya sama spt yg sy sudah critakan di atas ya, lihat dl kalau kondisi tanaman sudah subur dan sehat, sepertinya tinggal masalah waktu dan cahaya saja, liat dl, kalau daunnya lebar2 dan warnanya agak gelap, mgkn dia butuh cahaya lbh lagi, tp sedikit sj, pindahkan ke tmpt yg lbh terang sedikir. sementara itu blh di rangsang dgn pupuk yg unur P-K nya tinggi.
    kalau anggreknya blm sehat, jgn diberikan pupuk P-K dl, tp untuk anggrek sehat bisa di berikan pupuk tsb untuk merangsang pembungaan.

    @ Salmizar,
    sama2 pak, all the best to u

    @fiana,
    kalau mati dgn akar busuk hanya satu penyebabnya, medianya terlalu basah, atau kt terlalu sering menyiram…biasanya ini kesalahan pemula, yg terlalu banyak memberi air, lalu jika terlihat daunnya mengkerut, diasumsikan kurang air, sehingga makin diperbanyak, padahal daun mengkerut karena akarnya busuk sudah terlalu basah.

    @ EDI,
    punya pak, lumayan banyak, anggrek ini masih lumayan mudah di jumpai kok di jawa.

  4. @Sarry,

    nih sy muncul lagi, mohon maaf juga kalau terlalu lama membalas, krn sdg banyak hal lain yg perlu di urus jg. silahkan aja bertanya lagi, sy akan monitor terus.

  5. Hai vin …masih inget gue ga …andi cirebon …hehe…btw…phal silangan dari lu …udah pada remaja tuh ……hehe…

  6. sebelumnya perkenalkan nama saya kukuh,saya mau nanya kenapa ya spike anggrek bulan saya selalu tidak berhasil menjadi tangkai bunga karena,tidak ada perkembangan,padahal sudah saya rawat saya kasih pupuk rutin.apa mungkin itu faktor dari keadaanya yang panas/faktor penyiramanya,itu anggrek aku tempel di pohon mangga tolong solusinya.terima kasih 🙂

  7. @ Andi,
    wahh duluan di cirebon kl gt…di tmpt ge blm remaja, br pindah dr kompot tuh..hebat kl gt piaraan lu…tar kl ngembang hrs sharing ya

    @hafiz
    Bisa banget kok di semarang, dijakarta aja bisa..apalagi semarang…keep the spirit

    @kukuh,
    hmm jujur aja sy jg blm tau penyebab pastinya apa, tp hal in ijg pernah sy alami, kemngkinan terdekat adalah krn berubahnya faktor cuaca yg menyebabkan anggrek kaget dan stress, tp ini baru dugaan saja.

  8. mas melvin, aku punya anggrek tapi kecil kecil banget….. warna bunganya putih dengan spot unggu……
    Daunya panjang pada pangkal daun seperti umbi….
    anggrek apa ya mas???? fotonya ada di blog-si….
    Di dindel.blogspot.com

  9. saya mau tanya nih pak, gimana caranya anggrek bulan itu dalam 1 tangkai bunganya banyak. sekarang ini anggrek bulan saya bercabang 4, 1 cabang bunganya ada 6 kuntum, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.

  10. @Sarry, Anggreknya nggak terlalu jelas, tapi saya perkirakan itu acriopsis javanica, anggrek asli jabar, bulbnya bulat2 tanaman jg tidak tinggi, sekitar 20cm
    @Ejuna, pertama kali harus beli yg typenya multiflora, yg memang bisa bercabang2, kedua harus iklimnya sesuai, ketiga nutrisinya bagus.
    @santa, maksudnya ada 9 warna dalam satu pohon?

  11. Mas melvin, saya punya anggrek phal. yang daunnya dimakan ulat dan hanya tersisa setengah (jml nya 2 daun) masih mungkinkah anggrek saya survive? Terimakasih jawabannya…

Tinggalkan Balasan