Tips menata anggrek species

Penataan anggrek spesies akan memudahkan bagi kita untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan sesuai dengan kebutuhan anggrek itu sendiri. Penataan anggrek tidak hanya dilakukan atas dasar estetika (keindahan) semata akan tetapi lebih pada upaya mengatur faktor lingkungan tumbuh anggrek agar sesuai dengan kebutuhan hidup si anggrek.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan identifikasi dan deskripsi terhadap anggrek2 yang kita miliki. Identifikasi meliputi klasifikasi biologis…misal keterangan genusnya, morfologi tanaman…misal daun sempit/lebar-tebal/tipis-batang berair/sedikit berair dll, lingkungan asal/keterangan habitat jika memungkinkan. Kegiatan identifikasi ini sepertinya memakan cukup banyak waktu, akan tetapi sangat penting bagi kita untuk mengenal kebutuhan hidup anggrek tsb dan juga untuk memudahkan bagi kita untuk berkomunikasi dalam suatu forum ilmiah.

Langkah kedua, yaitu membuat penggolongan. Penggolongan ini bertujuan untuk memilah-milah koleksi kita atas dasar kategori yang kita inginkan. Misal, jika kita memiliki lahan luas maka penggolongan dapat atas dasar genus anggrek. Golongan anggrek bulan (Phalaenopsis) diberi tempat sendiri, lalu golongan anggrek Dendrobium juga memiliki tempat sendiri dsb. Namun bila lahan yang dimiliki sempit maka penggolongan didasarkan pada kondisi kelembaban dan naungan, misal dibagi menjadi 3 bagian yaitu, lembab+naungan 75 %, intermediet+naungan 50 %, sedikit lembab+sedikit ternaungi.
Nah!! khusus untuk penggolongan sesuai kondisi lingkungan (kelembaban, naungan) maka ada kemungkinan dalam satu kategori terdapat bermacam-macam genus anggrek.

Setelah koleksi anggrek dibagi-bagi sesuai kategori, maka langkah berikutnya yaitu memodifikasi lahan sesuai dengan kategori yang telah kita tentukan. Bila berdasarkan genus, maka tempat dibuat agar sesuai untuk tumbuh genus anggrek tersebut. Misal genus anggrek Phalaenopsis umumnya menyukai kondisi kelembaban cukup tinggi dan intensitas cahaya yang rendah (naungan 75 %) maka tempat tersebut kita rancang dengan pemberian paranet 75 %.

(bersambung—-to be continue)

35 thoughts on “Tips menata anggrek species”

  1. Saya sudah banyak mencoba berbagai pola dan tehnik penanaman anggrek species, yang aku dapatkan ternyata tanpa campur tangan zat-zat kimia, anggrek2 speciesku dapat hidup dengan pola alami; dengan catatan ada keanekaragaman jenis pada multi populasi ekosistem setempat. Sehingga pertahanan yang ada pada anggrek2 ini lebih ditempatkan sebagai salah satu mata rantai jaring makanan ekosistem.
    Kepada teman2 dapat berbagi pengalaman lewat forumini atau via emailku.
    Thanks.

  2. Salam kenal, saya sejak 4 tahun yang lalu mulai mengoleksi anggrek.. saya lebih menyukai anggrek dengan warna bunga yang unik tapi sulit mendapatkannya.. bisa kah saya mendapat informasi dimana mencari anggrek yang unik? terima kasih

  3. Buat mas boyke, schillereana nya pasti ditanam didataran rendah ya…makanya yang muncul cuma keiki trus. Hal ini karena phal yang satu ini suka suhu dingin kaya di pegunungan > 700 m dpl. Stratiotes dikasih tempat yang rada panas dan sering kena sinar pagi

  4. buat MBAK KORLENA…
    maaf saya baru buka halaman ini, jadi baru bisa komentar
    kebetukan saya juga memiliki hobby yang sama khususnya kesenangan mengoleksi jenis-jenis anggrek unik…
    kebetukan pula saya telah memiliki beberapa jenis tanaman tersebut yang mungkin dapat kita pertukarkan (barter), diskusi atau transaksi jenis-jenis yang kita miliki. tolong hubungi saya di mail: dikyanto_ngo@yahoo.com; atau HP: 085234657996. trims

  5. halo semuanya… aku baru bergabung nich, karena baru juga mulai memelihara anggrek (senang sich sudah lama). sekarang ada 15 tanaman anggrek dirumah tapi sudah lama ditunggu ngga ada yang berbunga lagi setelah bunga dari penjual.

  6. Tanggapan dari Zenzi Anggrek Bengkulu

    Sepertinya pengalaman anda hampir mirip dengan pengalaman saya. Memang tadinya saya mencoba untuk menempatkan anggrek species di lingkungan yg sekiranya tepat saja (dlm artian ternaungi dibawah atap fiberglass tapi sebagian saya lapis lagi dengan pelapis anti bocor yg berwarna abu-2 dan sebagian lagi saya biarkan transparan.

    Selanjutnya anggrek saya tempatkan dibawah fiber yg berwarna abu (inipun tidak terlalu gelap karena masih terdapat cahaya masuk dari sisi yg transparan hanya bedanya suhu lebih sejuk bila dibandingkan dengan dibawah fiber yg transparan apabila terkena cahaya matahari langsung).

    Selanjutnya perawatan cukup “MINIMALIS” dalam artian baik dalam hal pemberian nutrisi maupun air. Kadang-2 saja saya siram dengan air bekas cucian beras, namun air yg dipakai hanya bagian yg agak bening setelah diendapkan sedangkan bagian yg pekat serta endapan saya siramkan ke pot tanaman hias lainnya karena jika bagian endapan ini juga disiramkan ke media anggrek maka media akan cepat kotor dengan sisa endapan yg berwarna putih dan akan memudahkan tamu tak diundang utk datang yaitu jamur/cendawan.

    Penyiraman ini baru dilakukan sekitar 3 atau 4 hari sekali tergantung kondisi masing-2 media, jika media masih lembab tidak saya siram kecuali ada media yg agak kering (biasanya saya berbekal bekas tusuk sate untuk sedikit mengorek kedalam media untuk mengetahui tingkat kelembapan media apakah masih lembab atau kering karena tidak semua media sama kekeringan atau kelembapannya, ada yg sudah kering dan ada yg masih lembab).

    Sebagai contoh media moss akan lebih lama keringnya dibandingkan dengan media arang/pakis dan satu hal lagi apabila cuaca lagi terik otomatis hawa dibawah fiber ikut panas untuk mengurangi tingginya penguapan biasanya saya lakukan penyiraman lantai dasar yg berupa pasangan paving blok (sengaja saya pergunakan paving blok karena lebih cepat menyerap air dan panas bila dibandingkan dengan plester semen).

    Ternyata cara demikian paling tidak bisa memberikan kesempatan anggrak species untuk hidup dahulu karena ada yg dapat dari pemberian sahabat yg belum ada medianya jadi anggrek bisa adaptasi dahulu.

    Memang dibutuhkan exstra kesabaran yg tinggi jika menginginkan anggrek species kita tersebut berbunga, namun disitulah letak surprisenya merawat dan mengoleksi anggrek species.

  7. Saya punya jenis Dend. Dawn Maree, udah lama tidak berbunga karena kesalahan saya terlalu banyak memberi pupuk anggrek. gmana caranya agar anggrek tersebut berbunga lagi. Punya anggrek macan (belum berbunga) dan anggrek hitam tetapi mekar bunganya hanya bisa dinikmati selama 2 hari, saya taruh diteras yang terlindungi dari sinar matahari. saya tertarik sama anggrek spesies, adakah buku tentang macam2 anggrek spesies yang ada di indonesia. trim’s.

  8. thank a lot for the information, but my dear, maybe it is better to show the classification of all the orchard that we talk about. hope you agree and not mind.
    ^_^

  9. Salam kenal bagi kawan pencinta semua, terutama buat mas Destario Metusala, thank banget banyak info yang telah diberikan, anda penyelamat aset bangsa. Tolong bagi ilmunya. Saya pencinta dari Bali koleksi saya kebanyakan Cymbidium berbagae jenis, kalo tip menanam cymbi saya punya, tapi yang lain kurang terutama bulan, tq

  10. salam kenal…….
    aku pengkolektor spisies dari kalimantan selatan……….
    disini bnyak anggrek spisies yang belum saya tau namanya,
    kunjungi fs saya….
    di hell49@gmail.com
    ada gambar spicies yang blum tahu, kali aja ada yang tau and memberitahukannya sam saya………

    trimsss

  11. Salam Kenal……..
    Temans…….Saya menyukai semua jenis anggrek, terutama yang bentuknya unik dan wangi tentunya…. Saat ini yang sedang berbunga adalah Cymbidium yang wangi dan bunganya berwarna coklat dengan tangkai bunga yang benjuntai kebawah, tapi Saya tidak tau namanya…. tolong dibantu ya….
    Makasih

  12. saya baru banget meemlihara anggrek. maslaahnya saya nggak ngerti patokan gampang untuk membedakan jenisnya. ada yang bisa bantu?thx sblmnya

  13. Salam kenal ,.
    saya sangt mencintai anggrek N saya mulai mengkoleksinya sejak 3 lalu.. terutama yang jenis anggrek unik..
    tp akir2 ini saya kesulitan mendapatkan inpo ttng penjual anggrek species..
    bisakah Anda membantu saya

    makasih

  14. kebetulan saya suka banget dengan tanaman. untuk sekarang saya tertarik untuk mengoleksi anggrek. tapi pengetahan saya tentang aggrek sedikit sekali. gimana ya caranya biar anrrek yang kita punya tumbuh subur dan rajin berbunga???? thanks

Tinggalkan Balasan