Tips menata anggrek species

Penataan anggrek spesies akan memudahkan bagi kita untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan sesuai dengan kebutuhan anggrek itu sendiri. Penataan anggrek tidak hanya dilakukan atas dasar estetika (keindahan) semata akan tetapi lebih pada upaya mengatur faktor lingkungan tumbuh anggrek agar sesuai dengan kebutuhan hidup si anggrek.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan identifikasi dan deskripsi terhadap anggrek2 yang kita miliki. Identifikasi meliputi klasifikasi biologis…misal keterangan genusnya, morfologi tanaman…misal daun sempit/lebar-tebal/tipis-batang berair/sedikit berair dll, lingkungan asal/keterangan habitat jika memungkinkan. Kegiatan identifikasi ini sepertinya memakan cukup banyak waktu, akan tetapi sangat penting bagi kita untuk mengenal kebutuhan hidup anggrek tsb dan juga untuk memudahkan bagi kita untuk berkomunikasi dalam suatu forum ilmiah.

Langkah kedua, yaitu membuat penggolongan. Penggolongan ini bertujuan untuk memilah-milah koleksi kita atas dasar kategori yang kita inginkan. Misal, jika kita memiliki lahan luas maka penggolongan dapat atas dasar genus anggrek. Golongan anggrek bulan (Phalaenopsis) diberi tempat sendiri, lalu golongan anggrek Dendrobium juga memiliki tempat sendiri dsb. Namun bila lahan yang dimiliki sempit maka penggolongan didasarkan pada kondisi kelembaban dan naungan, misal dibagi menjadi 3 bagian yaitu, lembab+naungan 75 %, intermediet+naungan 50 %, sedikit lembab+sedikit ternaungi.
Nah!! khusus untuk penggolongan sesuai kondisi lingkungan (kelembaban, naungan) maka ada kemungkinan dalam satu kategori terdapat bermacam-macam genus anggrek.

Setelah koleksi anggrek dibagi-bagi sesuai kategori, maka langkah berikutnya yaitu memodifikasi lahan sesuai dengan kategori yang telah kita tentukan. Bila berdasarkan genus, maka tempat dibuat agar sesuai untuk tumbuh genus anggrek tersebut. Misal genus anggrek Phalaenopsis umumnya menyukai kondisi kelembaban cukup tinggi dan intensitas cahaya yang rendah (naungan 75 %) maka tempat tersebut kita rancang dengan pemberian paranet 75 %.

(bersambung—-to be continue)

34 thoughts on “Tips menata anggrek species”

  1. salam kenal…..

    dari remaja saya menyukai anggrek.setelah menikah saya memulai membeli berbagai jenis anggrek…. dari dendrobium, anggrek bulan,dan cathelia, dan sedikit spesies. bagaimana merawat anggrek2 tersebut rajin berbunga dan. dan berbunga dengan bunga yang bayak setiap tangkainya. dan saya juga heran cathelia saya udah 2 tahun belum berbunga2 padahal udah saya taruk di tempat 60% sinar matahari dan pempukannya saya kasih grouwmore yang p nya tinggi,…. tapi tidak juga berbunga…..padahal sudah bermacam buku saya pelajari dan bermacam pupuk yang saya berikan. dari pupuk akar, daun ,dan bungga

    terimakasi

  2. salam kenal sy banyk punya anggrek species kalimantan, tp saat ini kutu gajah jadi ancaman anggrek2 sy, bantuin donk sarannya, thanks,

  3. salam kenal..
    saya jg salah satu pecinta anggrek spesies dari bandung..
    koleksi terbaru saya adalah anggrek hantu yang hanya memiliki akar dan bunga saja, tanpa daun dan batang..
    mungkin ada yang bisa bantu saya tenteng perawatan anggrek hantu ini..
    terima kasih..

  4. saya punya banyak koleksi anggrek spesies. sbgn saya dpt dr mencari sdr di hutan dan ada juga yg beli. biasanya anggrek spesies bs berbunga jk sdh waktunya or berdsrkan musim. anggrek spesies sy berbunga pd saat perubahan msm hujan ke kemarau. dimana angin banyak berhembus.ttg pupuk angg. spesies ndak rewel. sy memberinya guano or kotoran burung yg kering.penyiraman msm kemarau 2 hr skl. insyaallah anggrek mau berbunga. dan satu lg dengan cinta anggrek pasti berbunga.

  5. saya bln2 ini baru saja mengunjungi lapangan banteng dan saya mendapatkan oleh2 bulbophyllum vaginatum, macranthum, laxiflorium, bgmna ya cara perawatan bulbophyllum ini? apakah anggrek ini hrs ditmptkan di area yg sgt lembab? thanks.

  6. salam kenal. saya jg pencinta anggrek. saya kenal anggrek sejak papa saya menanamnya di pekarangan rumah. Dulu,saya hanya sebagai pengagum saja. Tapi sekarang jadi “penggila” anggrek. anggrek yang saya tanam masih anggrek yang biasa2.tapi cukup membuat suami saya pusing 7 keliling.karena pekarangan rumah yg sempit udah penuh dengan anggrek.Puji Tuhan anggrek yang saya tanam sehat dan subur2.walau kata orang cukup sulit menanam anggrek di daerah Batam. Saya banyak dapat ilmu cara merawat anggrek dari internet dan buku. terima kasih semua untuk infonya.

  7. saya punya angrek sekitar 30 jenis angrek species dgn jmlh pot sekitar 80 pot(saya dapatkan dari irian,kalimantan barat,berau,kutai barat, bengkulu dan tanjung pinang)tetapi saya masih kesulitan bagaimana cara perawatannya karena tiap anggrek mempunyai perlakuan sendiri2 mohon sarannya untuk perawatan anggrek secara umum untuk memudahkan merawat anggrek saya,suwun

  8. salam kenal pak sigit. tinggal dimana pak? anggrek yg bapak dapat di tanjung pinang itu maksudnya yang di kepri ya? saya tinggal di batam. dekat dgn tj.pinang kepri. penanaman anggrek species itu susah2 gampang. coba disesuaikan saja dgn habitatnya. saya dapat bocoran dari teman,katanya dicuekin aja.tapi bukan berarti gak disiram dan tdk dipupuk.letakkan posisi anggrek agak tinggi.kurang lbih 1 mtr diatas tanah.dan jgn lupa usahakan agar sirkulasi udaranya lancar. juga usahakan kena matahari pagi. tips yg gak kalah penting.kalo memupuk,gunakan pupuk cair seminggu sekali dengan dosis yg kecil.1ml dicampur air 1 ltr. ato bisa 2 kali seminggu tapi dosis pupuk dikurangi. penyemprotannya dibawah daun. bagusnya disemprot pada pagi hari pukul 7 sampai 9 pagi. atau sore hari pukul 4 sore sampai pukul 6 sore.

  9. Pada semua pencinta anggrek dibatam khususnya, saya lagi nyari temen2 pencinta anggrek buat sharing pengalaman. Saya punya bermacam jenis anggrek tapi masih tergolong amatur. Pada pencinta anggrek yuk bergabung.

  10. halo rys tinggal dmn dibatamnya? masih cinta dengan anggreknya? bisa dong sekali kali main kerumah liat koleksi anggreknya.

  11. Saya punya anggrek dari dendro,CHAtelia,panda,sm bulan….khusus disiapin oleh suami di lantas atas……. Biar dapat anginnya…kalau untuk dendro semua saya tempelkan dipakis yg masih berbentuk pohon…..karena pake pot ribet….. Makan banyak tempat, dan akarnya lebih mudah kita bersihin……tidak gampang terkena jamur…..itu keuntungan kalau ditempel dipohon pakis….pda dasarnya kita perlakukan dia seperti dihabitat aslinya…..
    Sampai sekarng tidak berhenti henti bunganya……..pada dasarnya….semua harus rajin…… Kelembapannya jg diperhatiin dr pupuk npknya….. Jangan keliru, pokoknya mereka harus banyak ter kena angin…..

Tinggalkan Balasan