Pupuk Organik Untuk Anggrek

manure
Gambar diambil dari http://www.orchid.or.jp/

Seringkali apabila kita memelihara anggrek jenis terestrial, litofit, saprofit atau semi terestrial untuk menambahkan pupuk organik kedalam media tanamnya sebagai sumber unsur hara makro dan miro dan juga dapat untuk memperbaiki sifat kimia, biologi dan fisik tanah disekitar perakaran anggrek. Selain itu jika kita kreatif, maka sumber bahan organik dapat kita peroleh dengan mudah dari lingkungan sekitar kita, bahkan dari diri kita sendiri (ups!!). Berikut saya sajikan nilai kandungan rata-rata pupuk organik dari berbagai sumber bahan organik.

Jenis PupukNitrogen (%)Fosfor (%)Kalium (%)
Kerbau0,6-0,72,0-2,50,4
Sapi0,5-1,62,4-2,90,5
Kuda1,5-1,73,6-3,94,0
Domba0,6-3,70,2-0,80,1-1,0
Ayam1,0-2,18,9-10,00,4
Guano0,5-0,623,5-31,60,2
Tinja Manusia3,0-3,23,2-3,40,7
Kompos0,5-0,71,7-3,10,3-0,5
Azzola3,0-4,01,0-1,52,0-3,0
Daun lamtoro2,0-4,30,2-0,41,3-4,0
Darah hewan kering10,0-121,0-1,5-
Jerami padi0,80,2-

Penggunaan pupuk organik untuk anggrek juga memiliki kelemahan, diantaranya ialah, diperlukan dalam jumlah yang sangat banyak untuk memenuhi kebutuhan unsur hara dari suatu pertanaman (karena kandungan hara relatif rendah), bersifat ruah, baik dalam pengangkutan dan penggunaannya di lapangan, kemungkinan menimbulkan kekahatan unsur hara apabila bahan organik yang diberikan belum cukup matang (tanaman justru akan menguning dan merana). Oleh karena itu meskipun sangat dianjurkan, namun dalam pemakaiannya juga harus cermat dan tepat.

Oh iya, berikut saya berikan pula beberapa informasi mengenai karakterisasi kompos yang telah selesai mengalami proses dekomposisi secara sempurna (matang) ditinjau dari kondisi fisik.

  • Berwarna coklat tua sampai kehitam-hitaman
  • Tidak dijumpai adanya lalat atau bau busuk yang masih menyengat
  • Suhu pupuk sudah tidak tinggi/panas/hangat (pendinginan merupakan indikator selesainya proses pengomposan, meskipun bahan kompos telah dibalik dan disiram tetap tidak timbul panas)
  • Struktur nya remah, pupuk menjadi media yang lepas-lepas dan tidak kompak,
    sehingga sulit dikenali lagi bahan dasarnya.

Jika masih ragu, berikut tips uji tingkat kematangan pupuk menggunakan perkecambahan benih.

Untuk menguji kematangan pupuk organik, botol bekas selai atau botol minuman mineral yang dipotong setengah diisi pupuk yang sudah disaring, benih tanaman tertentu (yang pernah saya coba yaitu biji bayam liar) ditanam dan pertahankan kondisi pupuk tetap lembab. Botol berisi pupuk dan benih diletakkan di tempat yang terang dan terbuka. Karena benih sangat sensitif terhadap faktor tumbuh, maka tingkat kematangan pupuk dapat diukur berdasarkan kecepatan pertumbuhan benih.

  • Pupuk matang : benih akan berkecambah setelah 2-3 hari dan setelah 5-7 hari
    berwarna hijau dengan akar cukup panjang berwarna putih.
  • Pupuk segar : hanya beberapa benih yang tumbuh dan memerlukan waktu yang lebih lama, daun berwarna hijau pucat, akar pendek pertumbuhan tanaman kerdil, dan daun kadang-kadang berwarna kuning kecoklatan.

Selamat berpupuk dan beranggrek ria!!
By. Destario Metusala 06

32 thoughts on “Pupuk Organik Untuk Anggrek”

  1. daun lamtoro itu kaliandra bukan ???
    saya coba pake kaliandra buat dendro anakan yang baru displit, sayan nyiramnya butuh air banyak, soalnya kaliandranya gak mau basah sampe ke dalam, hanya dipermukaannya aja, apa gayanya kaliandra memang gitu ? atau sebelum dipake kaliandra ini harus direndem2 terlebih dulu ?

  2. Saya salah seorang penggemar/penghobi terhadap anggrek di denpasar, siapa yang mau tukar pengalaman, karena saya ingin tahu lebih banyak apa saja tentang anggrek

  3. mas boleh donk aq ikut jadi komunitas pecinta anggrek meskipun aku gak punya banyak anggrek , aku mau tanya kenapasihpupuk angrek tidak boleh di campur dengan pestisida yang mengandung alkalis? dan aku mau minta boleh ya aku gunakan judul PEMANFAATAN AIR KELAPA SEBAGAI PEMACU PERTUMBUHAN DAN PEMBUNGAAN ANGGREK sebagai bahan dan saya angkat jadi karya tulis ilmiah trims untuk semua jawabannya ….SALAM ANGGREKers

  4. Mbak ida, pupuk NPK bisa saja digunakan untuk anggrek, terutama nggrek tanah atau yg semi epifit..asal dosisnya sedikit aja ya. Untuk Mbak uciel..monggo gabung ke komunitas anggrek..di page lain dr web ini ada petunjuknya kok, kalo mau pake u judul ilmiah tentu sangat amat diperbolehkan, pencampuran antar pestisida maupun pupuk dgn pestisida yang tidak tepat justru akan merusakkan bahan aktif keduanya, secara fisik dapat dilihat dengan munculnya banyak endapan yg tidak larut, busa yg terlalu banyak dan perubahan kekentalan yg drastis.

  5. mas rio aku pengen tau dong cara bikin pupuk organik yang bisa di semprot di daun.apa yang mas rio paparkan diatas sama aja dengan yang bisa di semprotkan di daun?aku ada anggrek terestrial tapi pas mau repotting malah layu dan mengering gara-gara terjadi pembusukan akar gimana ya cara nyelametinnya? mohon informasinya ya mass

  6. saya memiliki pupuk organik dari Amerika yang sudah teruji kwalitasnya di berbagai negara. Di indonesia pun sudah mulai di gunakan untuk pertanian. Nama dari pupuk ini yakni “AZOMITE”, banyak kandungan unsur terdapat di dalamnya, harganya pun terjangkau. Bila anda tertarik bisa kontak kami. thanks

  7. Saya tertarik banget ‘ma pupuk organik…soale beberapa pot anggrek ku sptnya kena penyakit…tapi ga tau caranya..trus maksut dr harga “AZOMITE” terjangkau itu brapa…sapa tau laennya juga pd mesen…

  8. Kepada Bpk/Ibu
    Kami CV. JAVA AGRO INDUSTRI memperkenalkan kepada Bpk/ibu produk kami yaitu insektisida organic merk “KOBAS”
    BAHAN2:
    Insektisida kami berasal semuanya murni dari bahan2 organik/alami sehingga tidak menimbulkan residu kimia/berbahaya bagi mhluk hidup non hama terutama manusia.
    KEGUNAAN :
    – Melindungi tanaman dari semua serangan hama (wereng,sundep belalang,keong mas,ulat,bubuk dsb)
    – Memperkuat jaringan sel-sel pada tanaman
    – Membantu kesuburan tanaman
    – Mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen
    – Cocok untuk budidaya tanaman organic.
    – Bisa untuk semua tanaman (padi,palawija,sayuran,buah2an,tanaman hias dsb).
    ATURAN PAKAI
    1 liter KOBAS dicampur dengan 50 liter air dan disemprotkan pada keseluruhan daun dan batang hingga basah dan merata
    CARA PENGGUNAAN
    1. Semprotkan pada tanaman padi, palawija,tanaman sayuran,tanaman hias : dari daun, batang, sampai dengan pangkal akar sejak umur 1-2 minggu setiap 7-10 hari sekali sampai dengan tanaman siap panen.
    2. Untuk tanaman keras/kayu,tanaman perkebunan dan buah-buahan disemprot setiap 10-15 hari sekali sampai panen.
    PROSES KERJA
    – pada prosesnya kerja insektisida kami tidak membunuh hama tanaman,tetapi mengkondisikan hama sehingga tidak mau makan / menyerang tranaman.
    – Hama secara perlahan akan pindah ke tempat lain atau mati dengan sendirinya di tempat karena kelaparan.
    HARGA
    – Harga pabrik Rp.17.000,-/liter
    – Harga dari agen 25.000,-/liter
    – Harga rata-rata HET Rp.35.000,-/liter
    KEMASAN
    – Semua kemasan dalam 1 liter.1 dos berisi 10 kemasan
    KERJASAMA
    – Kami membuka kesempatan Bpk/Ibu untuk menjadi agen distributor di tiap kabupaten.saat ini kami telah membuka di 8 kabupaten di jatim dan jateng.
    – Kami memberi kesempatan kerjasama bila Bpk/Ibu mempunyai kelompok binaan/LSM organic/perkebunan/lahan/teman yang bergerak di bidang pertanian organic/kimia untuk diajak kerja sama dengan kami dengan kompensasi fee/komisi kepada bpk/ibu perliternya.
    – Dibuka kesempatan untuk melakukan pembelian secara eceran min 20 liter.
    CONTACT PERSON
    BIla anda minat hubungi kami segera
    CV JAVA AGRO INDUSTRI
    attn: Bpk ANNUR
    telp. (0322)312847 / 0811371135
    Email : benteng17@yahoo.com
    Atau annurm77@yahoo.com
    Segera hubungi kami akan kami kirim sample gratis 1 liter (selebihnya beli) ke kota anda!
    Demikian yang dapat kami sampaikan atas kerjasamanya saya ucapkan terima kasih
    Hormat kami
    ANNUR M.
    Direktur

  9. pupuk organik untuk anggrek baiknya tetap pakai pupuk NPK karena pupuk organik umumnya punya kandungan unsur mikro lengkap tapi unsur makro rendah. ibarat orang makan, pupuk NPK itu nasinya dan pupuk organik itu sayur, buah dan lauk.
    saya punya pupuk organik yang sudah teruji pada anggrek. pupuk organik ini sudah diuji dipakai petani anggrek di daerah Kaliurang, Cangkringan, Magelang dll. Nursery yang sudah pake antara lain Vanditia Orchids, Widara Kandang jogja, Wit Alas orchids, Ari Orchids, Bunga Rinte dll.
    selain pupuk juga ada hormon organik untuk pemacu. hormon organik lebih aman daripada hormon sintetis karena hormon sinteis bersifat memacu kanker pada manusia.
    pupuk dan hormon ini bisa diaplikasikan untuk tanaman hias (aglo, antho, adenium dll) ato tanaman pertanian (sawit, padi,cabe, melon, semangka, tembakau, vanili, durian dll)

  10. pupuk organik untuk anggrek baiknya tetap pakai pupuk NPK karena pupuk organik umumnya punya kandungan unsur mikro lengkap tapi unsur makro rendah. ibarat orang makan, pupuk NPK itu nasinya dan pupuk organik itu sayur, buah dan lauk.
    saya punya pupuk organik yang sudah teruji pada anggrek. pupuk organik ini sudah diuji dipakai petani anggrek di daerah Kaliurang, Cangkringan, Magelang dll. Nursery yang sudah pake antara lain Vanditia Orchids, Widara Kandang jogja, Wit Alas orchids, Ari Orchids, Bunga Rinte dll.
    selain pupuk juga ada hormon organik untuk pemacu. hormon organik lebih aman daripada hormon sintetis karena hormon sinteis bersifat memacu kanker pada manusia.
    pupuk dan hormon ini bisa diaplikasikan untuk tanaman hias (aglo, antho, adenium dll) ato tanaman pertanian (sawit, padi,cabe, melon, semangka, tembakau, vanili, durian dll)
    untuk info lebih lanjut hubungi Yogautama@telkom.net atau 085959881001

  11. Salam Hormat
    kami merupakan agen dari pupuk organik di Yogyakarta dengan tempat produksi di Yogyakarta juga mempunyai beberapa jenis pupuk organik yang dapat digunakan untuk daun dan buah.Harga yang kami tawarkan sangat kompetitif dan di setai dengan hasil tes dari laboratorium bahwa produkkami tersebut baik dan bagus untuk digunakan.Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi
    Sujat marwanto ( 08562916012 atau di 0274 450370 )

  12. obat keong organik..

    mas sy pernah baca ada obat keong dari bahan organik (alias tumbuhan) apa ya.. aku kok lupa

  13. Salam Hormat,

    Kami dari PT. REVELL GLOBAL mulai JUNI 2008 ada distribusikan PUPUK ORGANIK CAIR Merk “Super A-1″ yang cocok untuk Anggrek. Harga Rp. 34.000/botol (@ 500 cc).
    Silahkan kunjungi website kami di http://www.GoGetFreedom.com/?id=SMARTIDEA untuk download brosur kami atau hubungi saya langsung di HP 085227929299.
    Semoga bermanfaat.
    Terima Kasih

  14. Salam hormat,
    Bapak/Ibu saya mau nanya nih,,,bisa tolong bantu saya bagaimana cara pemakaian (penaburan)dan dosis (jumlah)pemakaian pupuk organik utk tanaman sawit dan padi..? mohon bantuan dan penjelasannya pak..terima kasih.

  15. Hallo semua,
    Saat ini saya sedang belajar untuk menanam anggrek dan baru sedikit yang saya punya, modal untuk mencoba saya minta beberapa pohon dari ibu saya,dan sekarang ada satu yang sudah mulai muncul kuncup bunganya dan kalau tidak salah dari jenis Vanda, tapi aku kurang tau vanda apa, ntar kalau sudah mekar bunganya aku postingkan disini.

    Tapi saya ada sedikit “gangguan “, di kuncup-kuncup bunga tsb sering di kerubuti semut, bagaimana caranya ya untuk mengusir semut-semut itu? saya takut nanti mengganggu pertumbuhan bunga-bunga nya, please tolong saya ya?
    Salam,
    Irawan

Tinggalkan Balasan