Pohon Anggrek Terbesar dan Terberat di Dunia

Grammatophyllum speciosum
Gambar oleh Destario Metusala 2007

Ini dia si jawara kelas berat dari dunia anggrek. Jawara ini bernama Grammatophyllum speciosum atau seringpula disebut-sebut dengan nama G. papuanum yang diyakini sebagai salah satu variannya. Tanaman ini tersebar luas dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, hingga Papua. Oleh karena itu, tidak heran bila banyak ditemukan varian-varian nya dengan bentuk tanaman dan corak bunga yang sedikit berbeda. Dalam satu rumpun dewasa, tanaman ini dapat mencapai berat lebih dari 1 ton dan panjang malai bunga hingga 3 meter dengan diameter malai sekitar 1,5-2 cm. Itulah sebabnya malai bunganya mampu menyangga puluhan kuntum bunga berdiameter 7-10 cm. Dari corak bunganya…penduduk lokal sering menjulukinya dengan sebutan anggrek macan…akan tetapi sebutan ini sering rancu dengan kerabatnya, Grammatophyllum scriptum yang memiliki corak serupa. Oleh sebab itu, anggrek ini populer juga dengan sebutan sebagai anggrek tebu, karena sosok batang tanamannya yang menyerupai batang pohon tebu. Meskipun persebarannya cukup luas…anggrek ini justru menghadapi ancaman serius dari perburuan tak terkendali serta kerusakan habitat. Sosok pohonnya yang sangat besar mudah terlihat oleh para pemburu, terlebih lagi saat memunculkan bunganya yang mencolok. Belum lagi perkembangbiakan alami di habitat dengan biji sangatlah sulit diandalkan karena lambatnya laju pertumbuhan dari fase biji hingga mencapai tanaman dewasa yang siap berbunga. Mungkin hal inilah yang mendasari kenapa anggrek ini menjadi salah satu species anggrek yang dilindungi.

Sebagai pecinta anggrek, pasti anggrek ini akan menjadi salah satu “most wanted” dalam daftar koleksi. Agar perburuan liar terhadap anggrek ini di habitatnya dapat dikendalikan, maka langkah-langkah budidaya secara vegetatif maupun generatif harus segera diberdayakan. Apalagi anggrek ini terkenal sangat mudah menumbuhkan tunas dari stek bulbnya. Setidaknya, dengan membudidayakannya secara vegetatif atau membeli bibit anggrek tebu hasil perkembangbiakan vegetatif (tunas dari stek bulb) dapat menjadi salah satu upaya memelihara kelestarian anggrek alam Indonesia.

44 thoughts on “Pohon Anggrek Terbesar dan Terberat di Dunia”

  1. mas Destario Metusala.saya malah punya yang bunnganya mirip bener. tapi kecil. tetapi bentuk tanamannya jauh berbeda. pohonnya kayak anggrek bulan gitu.tapi daunnya uagak memanjang gak melebar. itu anggrek apa hayo. disini.kalteng) orang rancu menyebut yang mana anggrek amacan.

  2. wah di pukau bangka sepanjang jalan orang nanam anggrek macan ini dan ada beberapa jenis warnanya gak sama satu sama lain, buat yang pengen koleksi datang aja ke bangka/salam

  3. mas Desta,dirumah saya ada 5 pohon,tapi bgm cara membungakannya?saya sdh meratnya sekitar 5 sampai 2 thn.saya memiliki satu gramm yg bunganya sgt berbeda.ciri2 bunganya: mirip cymbidium warna coklat menjuntai panjang ke bawah dgn tangkai bunga lebih kurang 2 meter yg unik dari bunga ini yaitu lidahnya bisa goyang seperti bulb.lobii.saya gak memiliki foto bunganya.kira2 jenis gramm apa ya mas?

  4. Bwat mas destario, mas G.speciosum dan G.papuanum bner2 beda y? Nah terus, yang daunnya pendek2 itu ikut jenis yang mana? G.papuanum itu endemik apa nggak? Oh ya, kira2 di pesisir selatan pulau jawa (cilacap sampai banyuwangi) masih ada d habitatnya nggak ya??? Thanks

  5. Saya baru aja mulai menyukai anggek. saat ini saya sedang menanam anggrek Grammatophyllum speciosum. buat yang mau barter saya tunggu ya.

  6. salam kenal buat semua
    sayu baru bergabung d milis ini, trus bbrp waktu yg lalu sy dpt twrn utk usaha tanaman anggrek dr slh seorg teman saya. mungkin ada di antara teman2 yang bisa membantu saya agar yakin melangkah k usaha ini? trima kasih. sy tinggal d bogor, mgkn kalo ad tmn2 yg tinggal d bogor n sekitarnya kalo boleh sy mohon bantuannya untuk saling share mengenai anggrek ini… say tunggu ya…

  7. Salam anggrek oei…..
    Mbak Titin (kalo tidak keliru lho) bisa kirimkan kontak anda ke E-mail ini: wanaorchids@hotmail.com atau sms ke HP: 085648919333, mungkin kita bisa saling share tentang pengembangan bisnis anggrek tersebut.
    terimakasih

  8. buat p awang..
    Buat p awang…
    saya pecinta anggrek dlm tarap pemula…apa bpk menjual koleksinya? saya tertarik dgn jenis anggrek ini, adi-samarinda

  9. baru2 ini saya melihat anggrek yg mirip seperti foto diatas klo berbungga tangkai bunganya panjang sekitar 1-2 meteran di kota tarakan kaltim… kt temen2 itu anggrek tebu.. krna menurut yang empunya menunggu tuk berbungga nya lama trus klo berbunga bunganya luaama benget layunya……

  10. Salam kenal….
    Sy pernah menemukan anggrek yg batangnya mirip anggrek tebu tapi daunnya lebih kecil dan tinggi batang 50 cm. Bunga berwarna coklat keunguan, sepal dan petal menghadap ke belakang dgn lidah yg bergoyang. Tangkai bunga mirip tangkai anggrek bulan, muncul dari dasar batang dgn panjang sekitar 70 cm. Bunga mekar bergantian dan tiap kuntum hanya tahan 3 hari saja. Anggrek apa itu ya ?. . . .

  11. MEMANG TERBESAR N TERBERAT DI DUNIA,AKARNYA SAJA MUNGKIN SEPEREMPAT BERAT TUBUHNYA,DI TAMAN KANTOR SAYA ADA150 RUMPUN LANGSUNG DARI ALAM

  12. Ana sepertiny nomermu sdh g aktf y?msh punya stok anggrek ini g?ak berminat dgn anggrek ini tlg infonya dong

Tinggalkan Balasan