Mari Memulai dengan Anggrek Merpati

Anggrek Merpati
Gambar oleh M. Aulia Adnan

Anggrek adalah tanaman yang identik dengan sifat kesabaran, keuletan, ketekunan, dan pantang menyerah. Justru diperlukan “ketangguhan” tersendiri untuk dapat menaklukan anggrek-anggrek perkasa seperti Anggrek tebu misalnya (Grammatophylum speciosum). Salah satu upaya untuk lebih mensosialisasikan kesadaran cinta anggrek kepada generasi muda adalah dengan mengajak mereka terlibat secara langsung dengan aktifitas memelihara anggrek. Dengan melakukan praktek langsung, maka akan dimulailah kesadaran untuk peduli terhadap kehidupan sang anggrek. Nah, untuk mensosialisasikan gerakan tersebut, maka diperlukan petunjuk awal untuk memulai hobi ini. Salah satu jenis anggrek yang sangat direkomendasikan untuk dicoba untuk sekedar iseng oleh pemula adalah Dendrobium crumenatum atau dikenal luas dengan nama Anggrek Merpati

Dendrobium crumenatum atau yang lebih dikenal dengan nama Anggrek merpati adalah salah satu jenis anggrek alam yang sangat mudah pemeliharaannya. Anggrek ini memiliki cukup banyak variasi dalam bentuk dan ukuran bunga. Warna khas nya yang putih bersih ditambah aroma harum semerbak merupakan kelebihan anggrek ini dibanding kerabatnya yang lain. Anggrek ini memiliki adaptasi yang sangat luas mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Saat musim berbunga tiba, seluruh kuntum umumnya akan mekar serentak. Hanya saja, lama mekarnya tidak lebih dari 1 hari. Kelebihan lain anggrek ini adalah toleran terhadap kekeringan, kemampuan menghasilkan keiki (anakan) yang sangat tinggi, tingkat pertumbuhan akar dan tunas yang cepat, serta tahan terhadap berbagai rentang intensitas cahaya yang kuat.

Anggrek ini amat sangat dianjurkan untuk para pemula, bahkan yang sekedar iseng sekalipun. Bagi temen-temen awam yang ingin mengetahui dunia anggrek, tentu sangatlah penting untuk mencoba memulai dengan anggrek ini. Tidak perlu khawatir apalagi cemas apabila merasa belum berpengalaman memelihara anggrek sebelumnya. Bahkan kita akan dibuat keheranan dengan ketangguhan anggrek ini untuk bertahan hidup. Sangatlah pantas bila Dendrobium crumenatum si Anggrek merpati ditempatkan pada posisi terhormat.

Apabila anda berminat untuk mencoba memeliharanya, cobalah iseng-iseng mengamati kebun tetangga sebelah, apabila anda meminta dengan baik-baik, saya sangat yakin anda akan diberi setidaknya 2-3 batang atau bahkan lebih. Apabila masih kesulitan juga, silahkan bertamasya di kawasan pegunungan atau kawasan hutan, disana anda akan banyak menemui pedagang anggrek menjual tanaman ini, atau jika beruntung anda cukup memungut beberapa batang anggrek merpati langsung dari pepohonan. Masih kesulitan juga ??!!…..dengan sangat-sangat berbahagia rekan-rekan di milis anggrek akan berbagi koleksi Anggrek merpatinya secara cuma-cuma alias gratis…mungkin hanya mengganti ongkos kirim apabila tempatnya jauh. Merpati adalah lambang kesetiaan, persahabatan, dan kesetiakawanan sosial…maka selayaknyalah anggrek ini dijadikan simbol persahabatan antar penggemar anggrek.

Informasi budidaya : Dendrobium crumenatum (Anggrek merpati) dapat dipisah dengan mudah dari rumpunnya. Pisahkan sedikitnya 2 batang besar atau 3-4 batang ukuran kecil. Kemudian bungkus bagian pangkal batang bawah yang memiliki akar dengan sedikit sabut kelapa yang sudah dibasahi terlebih dahulu. Setelah dibungkus, tanaman ini di tempelkan pada sekeping pakis atau di tanam dalam pot berisi potongan pakis/arang. Letakkan pada tempat yang teduh selama 2-3 minggu, hingga akar baru telah tumbuh dan tanaman tampak kuat. Pindahkan tanaman ditempat yang lebih terang dengan terus memelihara kelembaban pada medianya. Saat tunas-tunas baru telah tumbuh dan menjadi rumpun dewasa, maka puluhan kuntum bunga akan segera menyemarakkan hasil jerih payah anda. Tidak perlu khawatir terlalu lama menunggu, karena anggrek ini telah dikenal memiliki laju partumbuhan yang cepat.

40 thoughts on “Mari Memulai dengan Anggrek Merpati”

  1. saya punya beberapa anggrek merpati n’ beberapa lagi dari papua ( daerah sorong &sekitarnya ), buwat yang mau coba silahkan call saya di 081398893158 setelah tgl 24 Feb 07 ini ( saya skarang masih di lepas pantai ) atau reserve dulu di wicaksonoaji2000@yahoo.com. siapa cepat dia dapat,

    best regards, aji

    1. apa keistimewaannya anggrek merpati kalimantan? Dan apa bisa ditanam di daerah saya di tg priok jakut yg merupakan dataran rendah?

  2. Aku punya 2, tapi tau nama masing2nya. yg jlas wrna putih polos tuh kalo mkar wangiiiiiiiiiiiiii bangt ! yg warna ungu muda klopaknya brbulu halus. prawatanya sih gampang, yg pnting sring disiram dan dapat cahaya / panas yg cukup. aku naronya dibawah pohon palm

  3. mass ollie boleh juga penawaran anggrek merpatinya gratiskan ???
    alamat kirimnya
    PT. santosa Agrindo
    jl. Andini Sakti
    Ds. gandasari Cibitung
    Bekasi 17520

  4. alangkah indahnya jika pohon kota ditumbuhi dengan beraneka warna bunga anggrek, asal jangan sampai ada yg merusaknya, syukur-2 mereka ikutan melestarikan anggrek dengan menempeli tanaman anggrek di pepohonan sekitar halaman rumah mereka.

    Semua bisa dimulai dengan koleksi pribadi atau dengan bibit anggrek yg relatif murah saja agar kalau gagal tidak terlalu kecewa. Surprise akan kita dapatkan saat dahan/batang pohon dipenuhi aneka warna bunga anggrek yang bergantungan.

    Nggak percaya….? silahkan coba tempel satu jenis anggrek saja di dahan/batang pohon di halaman rumah anda dan tunggu keajaiban datang.

  5. buat rekan pengemar anggrek di Pontianak :

    ANGGREK MERPATI BERBUNGA DI PONTIANAK BESOK (23/08/2007)

    Besok tanggal 23 Agustus 2007 di sebagian wilayah di Kalimantan Barat, termasuk di Pontianak akan dapat menikmati mekarnya bunga anggrek Merpati (Dendrobium crumenatum), bunga anggrek endemik di Kalimantan Barat yang banyak tumbuh di sekitar kita, biasanya di sepanjang jalan yang ada pohon angsana yang cukup besar pasti ada Anggrek Merpati ini menumpang di ketiak dahan pohonnya.

    Anggrek Merpati adalah anggrek spesies / anggrek alam asli dengan ciri ciri kelopak bunganya berwarna putih dan bagian lidahnya berwarna kuning muda, Anggrek Merpati mempunyai aroma wangi yang khas dan enak.

    Nah besok adalah waktunya untuk menikmati keindahan dan aroma wangi anggrek Merpati ini, karena bunga Anggrek Merpati ini hanya kembang 1 hari saja setelah itu layu kembali, untuk dapat menikmati keindahan dan wewangian Anggrek Merpati ini kita harus menunggu sekita 3 bulan mendatang, jadi jika penasaran dengan Anggrek Merpati ini besok harus pagi coba lihat di atas Pohon Angsana tumbuh di sepanjang raya, pasti dengan mudah akan terlihat rangkaian bunga putih yang indah dengan spot kuning di lidah bunganya, atau coba hirup udara pagi esok, nikmati aroma wangi yang khas dari anggrek Merpati ini.

    Nah selamat menikmati anugerah Alam Borneo yang menakjubkan ini ….
    Ini bukti kecil dari kebesaran Pencipta alam semesta …

    Salam hangat,

    Ir. Andreas Acui Simanjaya
    andreasacui@yahoo.com

  6. Mas Ollie, saya mau donk dikasih anggrek merpatinya. Aq mau coba2 nanem anggrek nih, kali aja bisa berbunga. Alamat persis di duren sawitnya di mana? trims ya

  7. Si seksi Rhopalanthe ini, berbunganya dan masa mekarnya bisa diprediksi lho. Biasanya kalau terjadi penurunan suhu yang mendadak(misalnya 4-5 derajat Celcius) sampai beberapa jam. Kita tunggu kira-kira 9-10 hari, kita sudah bisa menikmati fragrantnya dan putihnya si anggrek ini (selain putih si dendro ini juga punya variasi warna lainnya, yaitu kuning kemerahan, biasanya dijumpai di Indonesia Timur dan dapat bertahan mekar dua hari).Makanya anggrek ini untuk berbunganya sering kita lihat pada awal-awal musim penghujan. Tapi kita jangan menyebutnya “Dove orchid” lho, ini nama punya Presteria elata, bisa-bisa kita dimarah-marah sama orang Guatemala, tahu kenapa…….?

  8. Mas, boleh dunk bagi anggrek merpatinya.. coz susah banget carinya di Bali..
    or mungkin mas tau tempat cari anggrek merpati di Bali ??
    please kasi tau…

  9. Anggrek merpati,bgitu kita menyebutnya ato orang sunda ngomong anggrek japati,bhkan seniman besar sekelas mang Koko,mengabadikanya menjadi sbuah lagu.Lagunya enakkeun pisan! Penuh ritme & artikulasi! Sy pun terperanjatnya mendengar lagu tsb.Anggrek japati sangat wangi,seharum nama Mang Koko dibelantika kita.

  10. mau dunk gratisan,ditempatq anggrek mahal bnget.. kirim ketempatku ya tar ongkos kirim tak bayar.
    mulyono
    ds. kutuk rt 04/03 kec. undaan,kudus, jateng
    klo da tips-tips ksh tau di emailku dunk
    mulyonost12@yahoo.com
    maturnuwun mas

  11. Sekitar 2 minggu lalu (awal bulan maret 2009) Anggrek merpati ini terlihat sedang mekar di pepohonan besar yang terdapat di jalan2x kota Bogor.
    Sungguh suatu pemandangan yang sangat indah melihat bunga2x putih-nya bergelayutan di atas pohon.

  12. Mas Ollie mau donk gratisan anggrek merpatiny buat nambah koleksi. Alamatny duren sawit mana?ak ada di duren sawit jg

  13. mau dong kalo gratisan… yang bayar juga boleh deh. asal dikirim sampe rumah. cos saya kan pemula niy.. masih perlu banyak belajar

Tinggalkan Balasan