Dipodium pandanum si Anggrek pandan

Anggrek Rio
Gambar oleh Destario Metusala 06

Siapa sangka si molek ini ternyata jagonya anggrek dataran rendah. Sosok tanamannya sekilas menyerupai pohon pandan. Anggrek ini memiliki tipe pertumbuhan monopodial. Tandan bunganya muncul dari ketiak daun, dan dalam satu periode berbunga bisa mengeluarkan 2-3 tandan sekaligus. Meskipun tahan suhu panas, anggrek ini ternyata rakus juga dengan air, oleh karena itu kelembaban media musti terjaga. Tinggi tanaman dapat mencapai 2 m lebih, dan akan terus meninggi. Di habitat alaminya si anggrek pandan sering merayap dengan akar lekatnya di batang pepohonan besar, sehingga tubuhnya yang jangkung tidak terkulai ke tanah. Hebatnya lagi, anggrek ini dapat berbunga sepanjang tahun tanpa mengenal musim, bahkan dari pengamatan si penulis, dalam setahun anggrek ini dapat berbunga 4-5 kali. Satu hal yang dibisikkan oleh si molek ini yaitu kekhawatirannya akan permintaan yang hanya mengandalkan eksploitasi alam semata tanpa dibarengi dengan pengembangannya secara teknik budidaya, padahal anggrek ini sangat mudah dikembangbiakan dengan stek lho.

18 thoughts on “Dipodium pandanum si Anggrek pandan”

  1. Pak Destario yth,
    Saya tertarik akan anggrek pandan,dimanakah saya dapat membeli anggrek tersebut,semoga para anggreker yg baca millis ini bisa membantunya.

  2. Sepengetahuan saya, anggrek ini terdapat di daratan papua dengan beberapa variasi ketajaman warna. Anggrek ini satu genus namun berbeda species dengan D.scandens maupun D.paludosum.

  3. Sebenernya varian Dipodium pandanum cukup banyak, salah satunya yg persebarannya cukup luas (jawa, sumatera,dll) yaitu yg berwarna dasar putih dgn blotch keunguan yg dulu dikenal dgn D. pictum. Dari beberapa literatur, ternyata Dipodium pictum (Lindl). Rchb.f oleh Lewis dan Cribb (1991) diformasi kedalam species Dipodium pandanum F.M.Bailey. Tapi sampai sekarang masih ada sumber lain yg memisahkan mereka. Jadi begung nih?! Tapi aku lebih condong u memisahkan mereka menjadi dua species berbeda…remember about Phal.violacea and Phal.bellina ?!. Bahkan dr pengamatanku…D.pandanumku punya bentuk karakter lidah yg rada berbeda dgn specimen D.pandanum yg di gambar (line drawing) oleh Neville Howcroft. Mungkin suatu saat bisa diturunkan menjadi variannya.

    Sebenernya di jawa cukup bnyk yg jual kok…tp diusahakan beli yg hasil budidaya atau kul.jar.
    Specimen di rumah dah aku selfing, tunggu botolannya jadi dulu yah…
    Aku sangat mensuport anggrek ini u menjadi salah satu primadona lowland orchid yg punya masa depan cerah…salah satunya krn sangat adaptif pd wilayah ternaungi (perumahan/pemukiman padat yg dikitari gedung2 tinggi shg cahaya langsung sngt minim), sosok tanamannya unik dan berestetika tinggi, nggak rewel, evergreen, rajin ngembang, bunganya rapat (tergantung variannya), dan bisa dikombinasi dgn media terestrial (semi-epifit).

  4. belum di launching je..lha masih dlm fase pemasakan buah, sebentar lagi bisa ditebar dlm botol. Santai aja…selama masih gabung dlm forum, pasti aku kabari. Semoga bentuk planletnya nggak kaya planlet Grammatophyllum (kaya rumput manila)…masih harap2 cemas. Mau main?!…boleh2 aja, tapi jangan kcewa lho kalo nggak sesuai harapan… contak dulu via email ya di neo_evanggelion00@yahoo.com
    Thanks

  5. Anggrek pandanum saya mulai berbunga,tapi warna bunganya tidak sama wrna putih trotol/ungu lidah bunga merah muda,ukuranya lebih kecil sedikit,kata yang jualnya pandanum jenis sulawesi,saya masih cari jenis pandanum yang lainnya.

  6. mas rio..
    saya pemain anggrek baru nih..koleksi saya masih seputar dendro dan phal aja..jenis anggrek pandan ini rewel ngga sih?
    kalau di papua bisa didapatnya dimana?krn siapa tau saya bisa titip suami kalau pas tugas ke sana..infonya ya mas..
    perut saya geli kalau lihat anggrek cantik2 begini 🙂

  7. mohon bantuannya,saya ada 5 phn vanda yang sedang berbunga,bunganya putih pinggiran bunga pik,lidah kuning.bentuk bunga dan corak mirip v denisoniana,tp deniso warnanya kuning.jika ada yang mengetahuinya mohon di info ke saya thanxs
    wawanpatin@yahoo.com

  8. mas, saya habis penelitian inventarisasi jenis-jenis anggrek di hutan bodogol,, tapi masih banyak yang belum teridentifikasi.
    apakah mas rio bisa membantu saya?
    minta email mas donk..
    terima kasih.

Tinggalkan Balasan ke keprak Batalkan balasan