Cagar Alam Kersik Luwai, Kutai Barat

Kersik Luwai dalam bahasa Dayak berarti ‘Pasir Sunyi’. Areal ini ditetapkan sebagai Cagar Alam berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 792/Kpts/Um/10/1982. Luas kawasan ini sebenarnya kurang lebih 5000 hektar, akan tetapi hutan tempat habitat utama Anggrek hanya sekitar 17.5 hektar. Sebelum kebakaran hebat tahun 1982, di Kersik Luwai teridentifikasi 72 jenis Anggrek. Namun setelah kebakaran, yang tersisa sekitar 57 jenis anggrek.

Anggrek Hitam. Photo diambil dari kaskus (pongsamma)

Jenis anggrek endemik yang paling populer di Kersik Luwai adalah Anggrek Hitam (Coelogyne Pandurata). Anggrek ini relatif mudah ditemukan dibawah rimbunan pepohonan. Anggrek ini mekar setiap bulan, dan bunganya mampu bertahan sekitar 1 minggu. Selain itu anggrek Kantung Semar (Nephentes sp) juga relatif mudah ditemukan. Beberapa jenis anggrek lain juga yang dapat ditemukan adalah: Anggrek Merpati (Dendrobium Rumenatum), Anggrek Tebu atau Anggrek Harimau (Grammatophyllum Speciosum), Anggrek Bambu (Coelogyne Foerstermanii).

Kersik Luwai berjarak 360 km dari kota Samarinda. Jadi untuk menjangkaunya cukup sulit, namun bisa menggunakan pesawat kecil Twin Otter terlebih dahulu ke Sendawar, Kutai Barat, untuk dilanjutkan dengan perjalanan darat.

Sumber: Kompas, 26 Okteber 2006. (info dari: Eliyani Husni)

36 thoughts on “Cagar Alam Kersik Luwai, Kutai Barat”

  1. Wah…sangat menarik sekali melihat anggrek alam masih di habitatnya di Kalimantan Timur. Apalagi melihat Coelogyne pandurata yg sedang berbunga. Saya lihat ada mungkin 2 spesies lagi pada foto tapi tidak tahu namanya. Mungkin ada rekan2 yang tahu? Yang terakhir mungkin Coelogyne sp bener gak ya? Saya harap banyak rekan2 yang mungkin dpt kirim foto2 anggrek yang masih di habitat alaminya, mungkin sekalian nama anggreknya.

  2. Wah cantiq…., aku punya anggrek seperti foto yg nomor 2 (diatasnya c. pandurata?) bunganya agak kecil, satu tangkai bisa 8 kuntum, dan kalau baru mekar wangi. tapi saya gak tau namanya, mungkin ada teman yg bisa tahu namanya? halo mas rio, tahu gak namanya? sy punya 2 pot, dl saya beli dari penjual bunga kopengan.

  3. luar biasa! kekayaan anggrek hutan indonesia memang yang terbaik didunia, mudah2an bangsa ini bisa terus melestarikan dan menjaganya dari kepunahan ! bagi pecinta anggrek yang tertarik foto anggrek c.pandurata sebaiknya anda membeli anggrek tersebut dari hasil penangkaran bukan hasil pencurian dari hutan. semoga anggrek hutan indonesia tetap lestari. yang foto anggrek di hutan kutai barat, nga ‘nyolong’ anggrek dari hutran khan????

  4. Anggrek alami kayak gambar di atas sekarang memang sulit dijumpai.
    Oleh sebab itu tolong lestarikan anggrek hutan tersebut.
    Mengingat pentingnya anggrek sebagai bagian dari ekosistem hutan.
    Anggrek hutan di hutan hujan tropis indonesia merupakan plasma nutfah
    penting bagi keanekaragaman hayati hutan tropis indonesia.

  5. urutan 4, 5 dan 6 kalau tidak salah lihat itu adalah anggrek panuntun, sejak saya tinggal diJakarta, saya bawa koleksi Mertua ke JKT. dan ketika ada pameran saya sering kali saya perhatikan jenis tsb, tapi tidak pernah ketemu.
    Maka ketika saya kembali berdomisili di Samrinda. jika ada pameran anggrek saya selalu menawarkan kepada peserta pameran ” JIka ingin anggrek panuntut, saya dirumah ada banyak dan sudah saya pisah-pisahkan di tanam pada media sabut kelapa” Maksud saya supaya bisa LESTARI, karena saya bukan ahlinya.
    juga ada teman pulang keJKT saya pernah berikan 2 pot, semoga sekarang sudah tumbuh subur.
    Saya ada buat video nya dan juga photo nya, Insya ALLAH jika tidak lupa nanti saya bawakan filenya ada dirumah : Komp. WIJAYA KUSUMA WK 6 no. 73A SAMARINDA.
    Silahkan jika tertarik untuk diLESTARIKAN.
    Bunganya berwarna Kuning dan berada ujung-ujung tangkaiyang menjuntai kebawah seperti “panuntun = Bhs kutai adalah “CEMARA /yakni rambut yang disusun untuk dipakai ibu2 jaman dulu).

    demikian semoga tanaman indonesia selalu lestari.

  6. yuuuuukkkk….ayo semangat trus buat melestarikan alam indonesia…
    biar cucu kita bisa liat alam yang DAHSYAT ini….

  7. Wuih, rasanya berdesir kalo liat anggrek hitam di habitat aslinya. Bbrp bulan yang lalu anggrek hitam peliharaan saya dari buntok (Kab. Barito Selatan Kalteng) berbunga, wah puas banget. Tapi kata temen jenisnya lain sama yang dari Kaltim. Apa bener ada bbrp jenis anggrek hitam di Kalimantan?

  8. Kalau waktu jalan-jalan di hutan terus nemu anggrek liar kaya gitu, gimana caranya bisa dapetinnya tanpa harus ngerusak habitat aslinya…

    Kalau emang bisa kaya gitukan gak papa kali 😀

    Sorry…nubi soal anggrek. Baru belajar miara satu-dua. Hehehe

  9. Ibu Kembang Jambu …

    Boleh ngga saya minta koleksi panuntunnya? saya berdomisili di Balikpapan dan sedang belajar untuk membudidayakan anggrek – anggrek jenis cologyne.

  10. saya punya beberapa anggrek hitam (cologynie pandurata)dari kalimantan tapi belum berbunga dari kalimantan, angrek ini dari penangkaran, bila anda ingin memiliki satu silakan hub saya di surabaya 031.72171240

  11. Perkenalkan gue baru nih di dunia anggrek gak di sengaja juga gue pengen tau lebih tentang anggrek2 ini. kebetulan kerjaan gue di bidang eksplorasi batubara yg berkecimpung di hutan belantara Kalimantan tengah, kmren ugue bawa anggrek dari sana tapi lom tau gue nama sp nya… yg jelas kt temen gue ada dua macem yg bagus anggrek hitam sm anggrek tebu.. gue perlu sharing cara perawatannya nih… ada sekitar 6 jenis yg gue bawa dari sana. cuma gue belum tau jenis sp nya.. kebetulan juga anggrek yg gue bawa belum berbunga so gue gak tau hasil nya kyk apa skrg lagi masa perawatan …. kasih tau gue donks ttg yg anggrek 2 tadi… kirim email ke trifa.af@gmail.com/ 0856 915 99 789

  12. sebenarnya kmren banyak bgt foto2 anggrek alam langsung di kalimantan tengah mungkin setelah lebaran gue banyakin foto2 nya ntar gue kirim ke mana yah heheh buat tambahan koleksi.. kyk nya surga para pecinta anggrtek klo ke tempat gue kmren coz sepanajang sungai buhut yg masuk ke kebu[aten kuala kapuas tengah melimpah anggrek heheh untuk jenis epipit tp banyak jg yg tumbuh di tanah… salam ketemu lagi ID ym : sibeunguetgoreng@yahoo.co.id
    trifa.af@telkom.net fs

  13. Salam kenal, infonya top, saya pencinta anggrek dari Bali, kalo ke bali kunjungi kelompok tani kami namanya Wana Sari, punya banyak cymbidium bisa saling tukar informasi, tq

Tinggalkan Balasan