30 thoughts on “Anggrek…obat stress atau biang stress??!”

  1. Menurut aku anggrek tuh obat stress. soalnya setiap kali aku ngelihat anggrek rasanya seneeeeeng banget. Apalagi kalo anggreknya tuh hasil peliharaan kita sendiri, jangankan ada bunganya yang indah dan mekar, aku lihat ada tangkai bunganya tumbuh aja aku udah seneng.

  2. Kalau bagi saya, anggrek itu bikin stress. Tapi tunggu dulu, stressnya ini dalam konteks yang berbeda lho. Soalnya kalau saya nikmati “luxuriusnya” grup Cattleya hybrid, “exclusivenya” Cymbidium hybrid, beragamnya Dendrobium hybrid, “fancynya” Miltoniopsis hybrid, “Wow”nya Vanda hybrid, “bizzare”nya Orchis, Pleurothallis dan Dracula, “abundance”nya bunga Oncidium (except O. papilio), “soliter”nya Paphiopedilum (except Sub genus Anatopedilum), “gracefull”nya Phalaenopsis, “beautiful”nya Odonthoglosum, “robust”nya Grammatophyllum, Vandopsis gigantea, mencengangkannya hybrid-hybrid yang dapat gelar AM/AOS atau AM/RHS, rumitnya silangan-silangan multigenerik serta diversitasnya anggrek species baik yang ada di Indonesia, lebih-lebih dari “America Latina”, kagak nahan…..

  3. Selama ini saya menanam anggrek sebagai hobi dan obat stress. Bagi saya cukup senang bila anggrek tersebut bisa tumbuh dengan baik. Jika sampai berbunga levelnya menjadi sangat senang sekali.
    Jika anggrek yang saya tanam itu terkena hama dan penyakit, cukup membuat stress, dan jika ada yang mati bikin stress.
    Namun yang amat sangat bikin stress sekali, yaitu pada saat anggrek-2 saya digondol MALING. Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 19 Februari 2008, tepatnya kira-2 pada dini hari.
    Jenis-2 anggrek yang hilang antara lain: Phalaenopsis Amabilis, Phalaenopsis Bellina, Doritis Pulcherina, dan beberapa anggrek phalaenopsis silangan.
    MANUSIA memang hama dan penyakit anggrek yang paling JAHAT !!!!

  4. Apapun yg ada didunia ini,menurut sy tergantung kita menyikapi & memaknainya,begitupun dgn memelihara anggrek.Tapi sukses tidaknya me2lihara anggrek, bunga bukan ukuran yg mutlak! bener ga Mas Rio?
    Anggrek sudah mau hidup bersama kita aja menurut sy itu sudah sukses yg besar,berbunga apalagi (?).
    Tp kmaren2 anggrek sy digerogotin tikus, Saya stress

  5. Obat stress : terawat —> berbunga…bye…bye stress 🙂

    Biang stress : terawat —> lingkungan tidak cocok —> tidak berbunga —> kena penyakit —> terus RIP —> species langka —> %%#%&!@#*!%#!! :-(((

Tinggalkan Balasan