Anggrek yang dilindungi Undang-Undang

Berikut ini daftar anggrek yang dilindungi oleh Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, No. 7 Tahun 1999, Tanggal 27 Januari 1999.

  • Ascocentrum miniatum, Anggrek kebutan
  • Coelogyne pandurata, Anggrek hitam
  • Corybas fornicatus, Anggrek koribas
  • Cymbidium hartinahianum, Anggrek hartinah
  • Dendrobium catinecloesum, Anggrek karawai
  • Dendrobium d’albertisii, Anggrek albert
  • Dendrobium lasianthera, Anggrek stuberi
  • Dendrobium macrophyllum, Anggrek jamrud
  • Dendrobium ostrinoglossum, Anggrek karawai
  • Dendrobium phalaenopsis, Anggrek larat
  • Grammatophyllum papuanum, Anggrek raksasa Irian
  • Grammatophyllum speciosum, Anggrek tebu
  • Macodes petola, Anggrek ki aksara
  • Paphiopedilum chamberlainianum, Anggrek kasut kumis
  • Paphiopedilum glaucophyllum, Anggrek kasut berbulu
  • Paphiopedilum praestans, Anggrek kasut pita
  • Paraphalaenopsis denevei, Anggrek bulan bintang
  • Paraphalaenopsis laycockii, Anggrek bulan Kaliman Tengah
  • Paraphalaenopsis serpentilingua Anggrek bulan Kaliman Barat
  • Phalaenopsis amboinensis, Anggrek bulan Ambon
  • Phalaenopsis gigantea, Anggrek bulan raksasa
  • Phalaenopsis sumatrana, Anggrek bulan Sumatera
  • Phalaenopsis violacose, Anggrek kelip
  • Renanthera matutina, Anggrek jingga
  • Spathoglottis zurea, Anggrek sendok
  • Vanda celebica, Vanda mungil Minahasa
  • Vanda hookeriana, Vanda pensil
  • Vanda pumila, Vanda mini
  • Vanda sumatrana, Vanda Sumatera

Daftar ini diambil dari Situs Departemen Kehutanan RI.

20 thoughts on “Anggrek yang dilindungi Undang-Undang”

  1. Informasi yang sangat bagus pak Hadi, maaf baru berkomentar sekarang sementara artikel sudah lama di posting. Info selanjutnya yang kira2 diinginkan oleh penganggrek pemula seperti saya adalah: bagaimana aturan main berdagang jenis-jenis anggrek tersebut, adakah aturan untuk menangkarkan jenis jenis tersebut. Terima kasih atas perhatiannya.
    Salam

  2. Sip mas Widodo, siapa dan kapan ya kita dapat infonya….. jangan sampai mas Widodo (atau pedagang anggrek lain) ditangkap polisi dan kehilangan Grammathophyllum speciosum tersayang gara-gara gak ada info peraturan atau perbedaan penafsirannya. Kita sama-sama tunggu mas Wid.

    Salam kenal,
    Yoyok

  3. Sy baru gabung di situs ini…
    sy juga hoby hundting dan ambil fhoto anggrek liar yang ada disekitar Taman Nasional Gunung Ciremai dan Gn. Cakrawati.
    bisakah diinforkan fhoto-fhoto anggrak yang terlarang untuk diperjual belikan….
    terus terang sy prihatin dengan keadaan hutan dan masyrakat sekitarnya yang terlalu over dalam pemanfaatan sumber daya alam.

  4. Ada dua istilah yang perlu dipertimbangkan matang-matang dalam kaitannya dengan anggrek, yaitu “dilindungi” dan “dilestarikan”. Arti dilindungi mempunyai konotasi ‘tidak boleh diapa-apakan” alias dibiarkan saja di tempat asalnya. Kalau ini yang diterapkan, maka tidak mustahil bahwa ‘anggrek macan’ ini akan punah karena hutan-hutan sebagai habitatnya telah di’habiskan’ oleh pare pembabat hutan. Untuk anggrek, akan lebih baik bila diterapkan kata ‘dilestarikan”. Dengan istilah dilestarikan ini berarti ada kesempatan para pecinta anggrek untuk memeliharanya atau membudidayakannya. Bila ada yang membudidayakan, maka kepunahan anggrek ini tidak akan terjadi. Oleh karena itu, Dephut sebaiknya berpikir agak luas sedikit dalam mengambil kebijakan. Jangan hanya melarang saja yang akhirnya malah membawa kepunahan jenis anggrek ini. Mampukah aparat Dephut menjaga habitat anggrek ini? Saya pesimis sekali. Jadi, lebih baik anggrek ini “DILESTARIKAN” jangan hanya “DILINDINGI” saja. Bukankah ada pendekatan ‘in-situ’ dan ‘ex-situ” conservation? Bukankah makin banyak orang memilikinya makin terjaga anggrek ini dari kepunahan?

  5. wah gue terpaksa komentar nih….untuk anggrek bulan plaihari dari hutan Kalimantan Selatan. Anggrek bulan jenis ini sekarang lagi gencar diburu para kolektor, apalagi setelah anggrek ini diboyong ke Jakarta orang gede. Padahal anggrek ini sangat langka dan sekarang saja yang mengkoleksi anggrek ini sangat sedikit. Sebaiknya, anggrek bisa diperbanyak secara kultur jaringan atau apa saja.

  6. Saya lebih suka mengkoleksi anggrek species selain anggrek bulan, sudah lama kumpulkan anggrek bulan hanya daun tok yang tumbuh, saya jadi bingung.Anggrek apa saja yang sudah teruji memiliki nilai genetis yang unggul?

  7. Saya penggemar anggrek sejak lama tapi baru gabung di situs ini. Salam kenal semuanya ^_^ Buat Pak Widodo, saya punya banyak jenis phalaenopsis (anggrek bulan lokal maupun import) dan alhamdulillah semuanya rajin berbunga. Anggrek-anggrek itu saya gantung di loteng yang notabene dapet banyak angin dan sinar tapi kena sinarnya ngga langsung. Kalo untuk pupuk, saya mengandalakan daun petai cina untuk tanaman dewasa agar menghasilkan bunga yang bagus dan kuntumnya banyak. Caranya daun petai cina dijemur sampai kering lalu dihaluskan (kasar) kemudian disebar diatas media tanam. Alhamdulillah sampai saat ini efek dan menghasilkan kuntum-kuntum anggrek bulan yang cantik. Selamat mencoba pupuk alami ini ya…. Semoga berhasil dapat banyak bunga ^_^

  8. Wah kalo boleh tahu setiap berapa tahun undang2 ini di perbaharui? udah lama tu, Sebatas mana penerapan UU ini karena itu penting kalo pun tak ada uu kalo kita mau melestarikan pasti bisa begitu sebaliknya tergantung mental kita. Kata melindungi sebatas mana? sekarang kalo mau jujur, contohnya anggrek hitam sangat ebas di jual, bahkan di luar negeri kebetulan saya sedang di jepang banyak anggrek kita di luar, katanya dilindungi, kok bisa ya, gemana dong?

  9. Salam Kenal ….
    saya baru beberapa bulan belakangan ini senang dengan tanaman Anggrek khusus nya Anggrek Alam (Spesies) sehingga masih perlu belajar banyak dari senior-senior tentang cara memelihara anggrek yang baik, tolong infonya dimana Di Kab. Sanggau Kalbar ada para pencinta Anggrek dan bagaimana caranya menjadi anggota ………….

  10. Selamat atas publisitas anggrek yang dilindungi oleh Dep Kehutanan R.I. Tapi kita lihat barisan Dendrobium, terlampir D. lasinthera dan D. ostrinoglosum. Bukannya ini jenis yang sama? Tahun 2005 atau 2006 PAI Jakarta menyelenggarakan Sarasehan ttg Anggrek spesies waktu itu pembicaranya dari Dep Kehutanan RI. Dikoreksi oleh Wirakusuma mengenai daftar D. lasianthera dan D. ostrinoglosum, tapi setelah tahun 2008 ternyata masih sama daftarnya.

  11. apa ada yang pernah nemu anggrek Platanthera leucophaea
    saya menemukannya di indonesia dan katanya di amrik masuk anggrek langka yang dilindung dan sangat langka
    jika ada informasi tolong kirim mail ke windy26wirawan@yahoo.com
    saya akan melakukan penelitian tentang anggrek ini jadi butuh info agar kelak pemerintah mau memasukkanya sebagai tubuhan langka dilindungu undang-undang

    salam lestari
    windy wirawan

  12. saya pecinta anggrek pemula, saya seneng banget dengan anggrek, thank banget atas adanya situs masalah anggrek, saya butuh abnget informasi masalah harga,jenis anggrek, n gimana cara pesenya ma cv anggkasa group tlg email ya ke sita_dkk@yahoo.com THX……….

  13. percuma mas.. klo ngasih tahunya hanya nama nama anggrek yg di lindungi saja ,, kagak ada gambarnya… !!! kan gak semua org ngerti paham dan punya anggrek.. jadi lebih baguis lagi klo di serati gambar nya dr masing masing abnggrek yg di lindungi tersebut ya..

  14. Makasih kk, saya jadi bisa nyari dengan lebih mudah. Tinggal ketik nama anggreknya di google terus cari deh … Saya diberi tugas sama Pak Guru buat nyari tumbuhan dan hewan langka yang dilindungi. Terus dikliping deh ^_^
    [] sekali lagi makasih kk []

  15. []Masih yg no 18 atas ini[]
    Jangan ditanya aku masih kelas berapa !!!! ya !!!!……. ^_^ sebelum ditanya, ku kasih jawabannya dulu. Tahun pelajaran 2009/2010 (sekarang) aku masih kelas 1 SMP.

  16. assalamualaikum. wr.wb. untk semua yg yg punya pengalaman buat pupuk organik untuk ANGGREK yg mudah dan menghasilkan, tolong kasih info yaa. Thank

Tinggalkan Balasan