Anggrek Jenggot

aneh euy
gambar diambil dari www.fendersflora.com

Ho ho ho!!…saat mendengar suara ini tentu kita akan diingatkan oleh Sinterclass yang membawa sekarung hadiah. Sinterclass sangat identik dengan jenggot putihnya yang lebat terjurai. Lalu apa kaitannya dengan anggrek???, Begitu juga dengan keluarga Orchidaceae ini. Anggrek yang satu ini memiliki “jenggot” yang sangat lebat yang sekilas memang tampak mirip dengan jenggot Sinterclass.

Anggrek ini punya labelum (lidah) yang sangat unik. Morfologi lidahnya mengalami evolusi sehingga bagian tepinya mengalami perforasi membentuk serabut yang cukup panjang. Anggrek ini memiliki habitat di dataran rendah hingga ketinggian 1100 m dpl. Bunganya yang berwarna hijau apel ini juga mengeluarkan aroma wangi semerbak yang sangat menyengat, terutama jika menjelang malam hari. Oleh karena itu, diperkirakan struktur fisik dan kimiawi bunga ini sangat khas untuk menarik perhatian serangga-serangga yang aktif dimalam hari agar dapat menyerbuki bunganya. Ukuran bunganya yang besar dan bentuk lidah yang khas menjadikan anggrek ini sangat istimewa sebagai induk untuk menghasilkan anggrek silangan dengan bentuk lidah atraktif. Tanaman ini dapat berbunga sepanjang tahun, tergantung pada kedewasaan bulb nya. Keunikan bunganya membuat anggrek species ini menjadi “koleksi” wajib bagi para kolektor.

52 thoughts on “Anggrek Jenggot”

  1. saya pernah, punya anggrek itu tahun 80an, dulu saya beli dari almrhum. bapak SAS, panggilannya seorang seniman di jogja. menurut beliau nama pasarannya (atau mungkin uda silangannya) Brasavola King George. tubuhnya sangat mirip dengan cattleya pada umumnya, hanya pseudobulbnya lebih langsing, dan daunnya lebih langsing pula dan lebih hijau. waktu itu hanya sekali berbunga walau sudah sepuluh bulb. namun bunga sekali itu cukup untuk menebus rasa penasaran menunggu.
    untuk tidak jemu menunggu kadang saya pegang- pengang daunnya yang alamaaak …..tebalnya kaya kulit sapi dan kaku, mantap. sehingga berbeda dengan cattlea saya yang lainnya. klu mo cari mungkin di kolektor2 jadul.

  2. anggrek jenggot, unik ya???? boleh juga tu. anggrek emang tanaman sepanjang masa, disaat popularitas tanaman lain menurun anggrek tetap ada dan banyak dijumpai.tapi sayang jenis-jenis anggrek yang banyak dijual di pasaran kurang memiliki keanekaragaman sehingga orang jadi cepat bosan.

  3. He…he…he… i’m fooled, everytime i heard about bearded (jenggot) orchid, i instantly imagine the Calochilus from eastern indonesia and australia. The orchid you called bearded on this photo is Brassavola dibgyana from south america, still bearded heh.

Tinggalkan Balasan