Anggrek Merak

burung raja

Siapa yang tidak tercengang begitu melihat kemolekan anggrek tanah ini. Bunganya bagaikan burung merak yang sedang mengembangkan sayap dan ekornya. Tanaman ini sangat menyukai tanah yang lembab dan banyak mengandung bahan organik (seresah). Bunganya yang mempesona merekah dari sebuah tandan setelah tanaman pada kondisi dewasa. Dalam satu tanaman hanya dihasilkan satu buah bunga dan akan muncul pada pertengahan musim kemarau. Anggrek ini memiliki bunga terbesar di genusnya. Lidah anggrek ini cukup lebar dengan warna hijau beludru, sedangkan kedua sepalnya yang berwarna merah marun berdiri tegak bagaikan sayap burung yang sedang terangkat. Sedangkan sebuah petalnya yang lebih lebar dibanding sepalnya juga terangkat tegak, sehingga nampak bagaikan ekor merak yang sedang merekah. Tidak hanya itu, columnya yang berwarna hijau kuning menyala semakin memperindah bentuk “ekor” anggrek burung raja ini. Meskipun sangat indah, anggrek ini cukup “pemalu” karena dia hanya dapat tumbuh pada tempat ternaungi sedikit bayang-bayang pepohonan hutan. Adakah yang bisa menebak..siapakah nama si molek ini??

51 thoughts on “Anggrek Merak”

  1. Oh Tuhan! berkalikali kutemukan Engkau dalam anggrek.

    langitku mungkin menangis
    hati yang pecah
    logika yang bebal
    Tuhan..
    engkau dan anggrek

  2. Menurutku, itu termaksud marga Ophrys. Mirip banget… Ophrys juga anggrek terestial, bunganya juga berbulu. Dapet di mana tuch?

  3. if i see the flowers & leaves form i think it should be Chiloglottis, the terrestrial orchid of australasia (australian and island nearby). In australia it’s called spider orchid. if i’m not mistaken the species is Chiloglottis valida, please refer to: http://www.orchidspecies.com and botanica’s pocket of orchid species

  4. waduh anggrek dari luar (australia)namanya: Chiloglottis valida dan dilindungi di negara asalnya… so…. kali aja udah bisa di kembang biakan. trims semoga info ini dapat mambantu para penggemar anggek.

Tinggalkan Balasan