Anggrek Apa Kaktus?

Sekilas anggrek ini mirip banget dengan kaktus di film-film koboi. Tapi jangan salah… tanaman yang berevolusi dengan ekosistem gurun ini masih satu saudara dengan anggrek di kebun kita.

anggrek kaktus - Porphyrostachys pilifera
Gambar oleh Dr. Leslie Garay di www.orchidspecies.com

Anggrek yang punya nama asli Porphyrostachys pilifera ini ternyata sangat senang dengan tempat yang kering berbatu, terkena cahaya matahari penuh saat siang dengan suhu malam yang sangat dingin. Anggrek ini tentu telah beradaptasi dengan lingkungan ekstrim gurun dengan memodifikasi bentuk daunnya menjadi silindris dan berduri yang fungsinya untuk meminimalkan bidang penguapan. Bunganya yang berwarna merah menyala akan muncul dari tandannya yang panjang pada musim semi dan musim panas.

Meski sosok tanaman dan bunganya kurang menarik akan tetapi di mata para ilmuan dan juri anggrek, tanaman yang satu ini mempunyai daya tarik sendiri dengan kemampuan adaptasinya di tempat ekstrim. Tidak heran bila tanaman ini pernah mendapat penghargaan CBR. Jenis anggrek ini sangat jarang ditemukan di tempat-tempat penjual anggrek maupun ditempat para kolektor Indonesia. Tau knapa?? karena anggrek ini asalnya dari Ekuador he he he…jauh ya. Ada yang tertarik untuk memilikinya?? silahkan hubungi pemiliknya.

16 thoughts on “Anggrek Apa Kaktus?”

  1. kock, anggreknya ga da mirip-miripnya ma anggrek yang biasa gw liat.
    nanya donk, anggrek tu numpang ya sama kaktus beneran sebagai tumbuhan induknya? soalnya dilat dari mana pun yang keliatan cuma gambar kaktus yang ada di rumah gw

  2. Iya tuh, kayaknya anggreknya yang berdaun kuning (tengah gambar). Wah, anggrek aneh ya, bisa numpang di kaktus. Jangan-jangan kayak benalu, bisa menyatu dengan inang, sampe-sampe yang liat ga bisa bedakan anggrek dengan kaktus.

  3. Ini anggrek yang hidup di tempat ekstra kering ya….? Tapi temen-temen percaya nggak kalo’ di Arab Saudi itu juga punya species anggrek yang bener-bener “SAUDI” banget? Jadi bukan dipiara orang.

  4. Eh…eh…mo nanya nih..koq pada ngebicarain anggrek…ngomong2 sebenere anggrek sendiri itu apa sih??bisa dimakan ga? klo harga se-kilo berapa?

Tinggalkan Balasan