Air Kelapa Pemacu Pertumbuhan dan Pembungaan Anggrek

Air kelapa ternyata memiliki manfaat untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman. Air kelapa yang sering dibuang oleh para pedagang di pasar tidak ada salahnya untuk kita manfaatkan sebagai penyubur tanaman. Selama ini air kelapa banyak digunakan di Lab sebagai nutrisi tambahan di dalam media kultur jaringan.

Air Kelapa

Hasil penelitian menunjukkan bahwa air kelapa kaya akan potasium (kalium) hingga 17 %. Selain kaya mineral, air kelapa juga mengandung gula antara 1,7 sampai 2,6 % dan protein 0,07 hingga 0,55 %. Mineral lainnya antara lain natrium (Na), kalsium (Ca), magnesium (Mg), ferum (Fe), cuprum (Cu), fosfor (P) dan sulfur (S). Disamping kaya mineral, air kelapa juga mengandung berbagai macam vitamin seperti asam sitrat, asam nikotinat, asam pantotenal, asam folat, niacin, riboflavin, dan thiamin. Terdapat pula 2 hormon alami yaitu auksin dan sitokinin sebagai pendukung pembelahan sel embrio kelapa.

Penelitian di National Institute of Molecular Biology and Biotechnology (BIOTECH) di UP  Los Baños, Filipina mengungkapkan bahwa dari air kelapa dapat diekstrak hormon yang kemudian dibuat suatu produk suplemen disebut cocogro.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk hormon dari air kelapa ini mampu meningkatkan hasil kedelai hingga 64%, kacang tanah hingga 15% dan sayuran hingga 20-30%. Dengan kandungan unsur kalium yang cukup tinggi, air kelapa dapat merangsang pembungaan pada anggrek seperti dendrobium dan phalaenopsis.

Mulai sekarang, cobalah untuk menyisihkan sedikit air kelapa yang kita minum untuk kita persembahkan kepada sahabat kita, anggrek tercinta. Slamat mencoba dan jangan lupa untuk melaporkan hasilnya sebagai evaluasi kepada teman-teman semua.

Salam anggrek’ers

114 thoughts on “Air Kelapa Pemacu Pertumbuhan dan Pembungaan Anggrek”

  1. Ya mungkin kombinasi dg perbandingan itu lebih cocok atau dikehendaki tanaman.tapi riset itu sebaiknya dilengkapi dg EC dan PH meter .trus pakai hiponex merah itu N-P-K berapa?

  2. oiya, yang saya pake itu bibit yang berasal dari botol dipindahkan ke kompot.

    trus pake EC dan PH meter itu maksudnya untuk apa ya?

    hyponex merah itu N-P-Knya 25:5:20

    trims atas sarannya =)

  3. Apakah penyiraman dengan air kelapa kepada anggrek dilakukan secara langsung atau disimpan dulu. mohon jawaban dari para pencinta anggrek yang baik

    1. secara langsung lbh baik…tp proses penyiraman’y jgn melebihi jam 9 pagi ato kurang dr jam 4 sore ..sy dah cb n hasil’y ckp memuaskan…(baru sebulan)

  4. aku dah nanem anggrek lumayan lama, terus sering2 disiram pake air beras..hasilnya,cepat bertunas dan berbunga, trus satu batang anggrek bunganya rata2 2 tangkai. tapi kalo air kelapa, baru mencoba neh..moga2 bunganya bisa tambah gondrong lagi. thanx infonya!!

  5. saya mau coba beli anggrek botolan kira2 harganya brapa ya?n nanamny ayg bagus d tempat yg bagaimana?thans buanyak ya…..

  6. aku pencinta anggrek dan baru mencoba merawatnya sendiri. tapi kok anggrekku gak mau berbunga lagi yah? padahal aku rajin memberinya pupuk. ada yang bisa bantu gak? kira-kira vitamin apa yg harus aku kasih dosisnya bagaimana? trims

  7. bulan lalu sy coba bongkar smua pot2 anggrek sy karena anggrek2x sy kurang rajin berbunga, jadi berbunganya ganti-gantian ngak bs berbunga bareng2,sy coba untuk mengganti medianya karena sy pikir dr beli belum pernah diganti…dan ternyata banyak sekali semut hitam kecil2 didalam potnya..akhirnya sy seharian bersih2 pot & akarnya sy cuci bersih trus sy ganti media baru…hasilnya skrg tanaman kelihatan lebih segar daun2nya…ya mudah2an nanti cepat juga berbunganya…

  8. Hai salam kenal semua, mampir juga ke blog aku, masih ada cerita tentang anggrek-anggrek juga lho namun aku sebenarnya lebih mengutamakan anggrek-anggrek dari Borneo, yang masu sharing bisa aja tinggalkan komentar di kolom komentar !

  9. Saya lagi nyoba nanem anggrek. saya coba siram pake aer beras n aer kelapa. n sekarang udah banyak banget tunas mudanya… juga saya selingi ma pupuk gandasil daun + bunga.. mudah2an aja bisa berbunga ya..
    cuma mo ngebuktiin aja ama diri sendiri kalo nanem anggrek gak sesusah yang dibilang orang. tapi doain ya… anggreknya bisa berbunga

  10. mohon info dong dimana saya bisa beli bibit atau anakan anggrek tebu baik yg dari papua maupun kalimantan, soalnya untuk ukuran yang besar di TAIP harganya lumayan mahal sekitar 500 ribuan….kalo ada yg jual info ke email saya ya(h.prasetyo1979@gmail.com)….trims.

  11. salam kenal bagi para penggemar bunga, saya sebagai fomula dibidang bunga anggrek ingin menanyakan kalau bunga angrek bulan yang normal berapa kali berbunganya dalam stu tahun ?saya punya 10 pot anggrek bulan ungu dan putih lama untuk berbunga lagi mohon infomsinya para pakar angrek makasih !

Tinggalkan Balasan